MAKANAN KHAS BOGOR

Makanan Khas Bogor




Asslammu'alaikum semua...

Salam sejahtera untuk kita semua



Sudah lama sekali ya, saya tidak membuat artikel 😄 ya dikarenakan ada kesibukan di dunia nyata.

Nah, disini siapa saja yang sudah pernah mampir ke Bogor? pasti pernahkan. 
Dibogor itu ada apa saja sih?
Bogor tidak hanya menyuguhkan wisata alamnya yang indah saja, bogor juga memiliki kulinernya yang begitu lezat tentunya.



Penasaran bukan? oke, kita lanjutkan saja 10 Makanan Khas Bogor yang saya sajikan berikut ini:




1. Roti Unyil Venus


Roti Unyil Venus
Roti unyil venus


Apa yang terpikirkan olehmu saat mendengar kata "roti unyil"? pasti yang terlintas adalah bentuk rotinya yang kecil dan imut. Benar, roti ini memang memiliki ukuran kecil, namun cita rasanya dijamin membuat kamu tak lelah mengunyahnya.


Roti Unyil Venus yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Komplek V point 1, ini menyediakan roti unyil dalam beragam varian rasa. Buka mulai pukul 6 pagi sampai 9 malam, toko ini hampir selalu dipenuhi pembeli, terutama saat akhir pekan.

Jika datang pagi hari, kamu masih bisa memilih dan mendapatkan setiap varian rasa roti unyil. Berbeda jika kamu datang sore atau malam hari, stok rotinya sudah menipis dan varian rasanya sudah tak lengkap. Beberapa varian rasa roti unyil di antaranya adalah fla jagung, sosis keju, pisang keju, fla cokelat, abon, srikaya dan kismis.


2. Macaroni Panggang Bogor
Macaroni Panggang Bogor
Resto Macaroni Panggang menjadi salah satu tempat wisata kuliner paling favorit di Bogor saat ini. Berlokasi di kawasan Taman Kencana, tempat ini mudah diakses. Mirip dengan macaroni schotel, namun macaroni panggang memiliki tekstur lebih renyah di luar dan lembut di dalam. Parutan keju yang terbakar kering dipadu dengan isian macaroni, daging dan keju akan membuatmu tak cukup makan seporsi.

Macaroni Panggang tersedia dalam tiga ukuran yaitu small, medium dan large. Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli ukuran medium atau large. Namun, jika ingin mencicipinya terlebih dahulu, silakan memesan macaroni panggang ukuran small untuk disantap di tempat.


3. Pia Apple Pie

Pia apple pie
Pia Apple Pie sepertinya sudah cukup populer ditelinga warga Bogor dan sekitarnya. Restoran yang terletak di Jalan Pangrango Nomor 10 ini memang terlihat seperti rumah biasa, justru disitulah keismewaannya. Kamu akan merasa nyaman disini seperti dirumah sendiri.

Seperti namanya, menu andalan dirumah ini adalah pie apple yang bisa dinikmati langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Pie apple berbentuk hati dengan ukuran yang lumayan besar. Teksturnya garing dan renyah diluar berpadu selai apel yang lembut membuat lidahmu bergoyang merasakan kenikmatannya. Selain apel, pie ini juga memiliki isi selai yang lain seperti stroberi, blueberry dan keju.


4. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu lapis sangkuriang
Bolu lapis sangkuriang adalah cara baru untuk menikmati talas bogor. Yap, karena bolu ini terbuat dari talas bogor sendiri. Bolu ini juga terdiri dari dua warna yaitu kuning dan ungu.

Untuk menambah cantik tampilan dan kelezatan rasa, bolu ini tersedia dengan berbagai topping. Kamu bisa memilih sendiri topping yang kamu sukai mulai dari topping keju, choco chip sampai rainbow chip. Bolu lapis sangkuriang ini cocok dijadikan oleh-oleh, karena bolu ini tahan hingga 4 hari lamanya diluar lemari es. Jadi, langsung saja datang ke Jalan Raya Sholeh Iskandar dan pilihlah topping yang kamu sukai.


5. Kacang Bogor Istana
Kacang Bogor Istana
Kacang Bogor ini bersaing ketat dengan talas bogor yang dikenal identik dengan kota hujan ini. Kacang bogor sangat berbeda dari kacang - kacang pada umumnya. Kacang ini berbentuk bulat dan dalamnya berwarna ungu. Pada bulan Februari hingga April, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan jajanan kacang rebus ini. Ternyata, kacang bogor tidak hanya disajikan rebus saja loh. Kacang ini disajikan dalam bentuk garing, renyah dan juga tahan lama. Kamu tidak hanya bisa menikmati disaat panennya saja. Kacang Bogor Istana ini sudah dikemas dalam beberapa varian rasa seperti balado, barbeque dan juga keju.

Kacang Bogor ini bisa kamu temukan dibeberapa pusat oleh - oleh khas Bogor.



6. Keripik Mbah Gugel
Keripik Mbah Gugel
Sepertinya penggemar makanan pedas belakangan ini mulai mendapat perhatian khusus. Berbagai makanan dengan rasa membakar lidah mulai diciptakan untuk memanjakan para penggemar makanan pedas, salah satunya  ialah Keripik Mbah Gugel yang merupakan hasil karya anak muda Bogor.

Keripik berbahan singkong ini tersedia dalam beberapa level kepedasan yang berbeda. Jadi, silahkan sesuaikan dengan lidah dan perut Anda terhadap rasa pedasnya. Selain keripik singkong, tersedia juga basreng atau lebih sering dikenal baso goreng dengan rasa yang sangat membakar lidah.

Keripik Mbah Gugel ini dapat kita temukan di Stasiun Kereta Api Bogor setiap paginya.

7. Miss Pumpkin

Miss Pumpkin
Miss Pumpkin adalah salah satu hasil karya warga Bogor yang patut diapresiasikan. Di tangan yang tepat, ternyata labu parang yang identik dengan momen Haloween ini bisa menjadi kue yang sangat lezat.

Lokasi Miss Pumpkin di Jalan Pajajaran Ruko No. 8H. Brownis dan kue berbahan labu ini tersedia dalam berbagai varian rasa diantaranya ialah jeruk, coklat, original dan green tea. Toko ini sangat ramai jadi bersiaplah untuk mengantri lama. Bahkan tak sedikit pembeli yang rela menunggu kue ini keluar dari pemanggang. 

8. Risollaku

Risollaku
Berawal dari bekal yang dibuat untuk suami dan anak, risoles hasil kreasi Bunda Nisa ternyata laris manis melalui promosi dari mulut ke mulut. Karena terbuat dari bahan yang aman dan tak berbahaya bagi kesehatan serta rasanya yang lezat, risoles ini pun jadi banyak peminatnya.

Saat ini, risollaku tersedia dalam berbagai varian rasa seperti ragout, smooked beef, chicken, keju, tuna dan mayonaise. Kamu juga bisa datang ke tempatnya secara langsung ang beralamat di Jalan Ring Road Yasmin, Bogor.

9. Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan sudah tidak asing dengan image Bogor. Meskipun saat ini asinan dapat ditemukan di Jakarta dan kota - kota lainnya, namun menikmati asinan asli Bogor akan menimbulkan sensasi tersendiri.  Kamu ingin menikmati asinan asli khas Bogor? Datang saja  ke Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No.1 Komplek Ruko V, Bogor.

Tersedia dua macam asinan yaitu asinan buah dan asinan sayur, kamu juga bisa memesan asinan campur. Asinan disini memiliki ciri yang khas dan tak berubah sejak tahun 1987. Menurut pemiliknua, hal ini dikarenakan asinan disini masih menggunakan ressep keluarga  dengan tetap memakai gula asli dan tidak ada tambahan pengawet.

10. Ubi Bakar Cilembu
Ubi Bakar Cilembu
Kamu sudah sering ke kawasan puncak Bogor? Pastinya sudah tidak asing dengan Ubi Bakar Cilembu ini. Ubi ini bisa kita temukan dengan mudah disepanjang jalan menuju puncak. Meskipun berasal dari Sumedang, ubi ini tetap populer di Bogor terutama dikawasan puncak.

Ubi ini dikenal dengan rasanya sangat yang manis seperti madu. Ciri khas ubi ini ialah keluar cairan yang sangat lengket saat ubi dibakar. Cairan inilah yang membuat ubi ini memiliki rasa manis yang istimewa.



Dari penjelasan diatas kalian sudah sedikit mengenal tentang kuliner - kuliner yang ada di Bogor ini. Maka dari itu, jika ingin tau lebih dalamnya tentang kuliner Kota Bogor ini segeralah mampir dan mencoba kuliner - kuliner diatas. Dijamin Kamu bakal ketagihan😄.

Posting Komentar

0 Komentar