JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

1. PAN (Personal Area Network)



    Personal Area Network atau bisa disingkat PAN adalah sebuah jaringan untuk berkomunikasi antar perangkat dalam jarak yang sangat dekat. Contohnya kita menggunakan mouse wireless atau speaker bluetooth, untuk kabel seperti mengirim data dari HP ke Laptop menggunakan USB. 

2. WPAN (Wireless Personal Area Network)



    Wireless Personal Area Network adalah sebuah jaringan area pribadi mirip seperti PAN hanya saja untuk berkomunikasinya melalui nirkabel. Di area jaringan nirkabel (WPAN) biasanya menggunakan teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam jarak kira-kira sepuluh meter. Salah satu teknologi bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru IEEE 802.1.

3. LAN (Local Area Network)



    Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan berskala kecil yang mencakup rumah, sekolah, kampus, kantor dan gedung.  Saat ini, kebanyakan LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, teknologi 802.11b (dikenal sebagai Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN, dan lokasi yang terhubung ke Wi-fi disebut hotspot. Berbeda dengan konsep dump terminal, pada sebuah LAN, setiap node atau komputer memiliki kapasitas komputasi sendiri. Selain itu, setiap komputer memiliki akses ke sumber daya LAN yang telah diatur. Data atau perangkat seperti printer dapat menjadi sumber daya. Dengan menggunakan aplikasi yang sesuai, seorang pengguna pada LAN juga dapat berkomunikasi dengan orang lain.

LAN memiliki karakteristik berikut yang membedakannya dari jaringan area luas atau jaringan area luas (WAN): 
1. Mempunyai kecepatan data yang lebih tinggi 
2. Meliputi area geografi yang lebih sempit 
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Salah satu komputer dalam jaringan biasanya berfungsi sebagai server yang mengelola semua sistemnya.

Prinsip Kerja Local Area Network

    LAN adalah jaringan atau network dari beberapa sistem komputer yang terletak di dalam satu gedung, kompleks gedung, atau kampus. LAN tidak menggunakan media komunikasi umum seperti telepon, pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah LAN itu sendiri. Dari definisi sebelumnya, kita tahu bahwa sebuah LAN dibatasi secara fisik. Jika LAN digunakan, semua komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertukar data atau berhubungan. Kolaborasi ini telah berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan bersama. Prinsip kerja hub/switch akan diterapkan pada LAN yang biasanya menggunakannya. Hub hanya memiliki satu domain collision dalam hal ini, sehingga data dikirim secara broadcast. Selain itu, karena hub tidak tahu alamat tujuan, port-port lain harus menunggu jika salah satu port sibuk. Itu adalah salah satu kelebihan dan kekurangan jaringan lokal.

4. MAN (Metropolitan Area Network)


    Jaringan kota metropolis (MAN) menghubungkan berbagai lokasi, seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lainnya, melalui transfer data berkecepatan tinggi. Karakteristik MAN adalah sebagai berikut: 

1. Meliputi area antara 5 dan 50 km. Banyak MAN mencakup daerah perkotaan.
2. MAN (seperti WAN) biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi; mereka biasanya dimiliki oleh
    konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang menjual layanan kepada pengguna. 
3. MAN biasanya berfungsi sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber
    daya daerah. Ini juga sering digunakan untuk menawarkan koneksi bersama untuk jaringan lain
    melalui link ke WAN.
4. MAN lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.
5. Hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak memiliki komponen. 

switching, yang dapat mengatur paket melalui beberapa output kabel. Elemen switching membuat desain lebih mudah.

4. WAN (Wide Area Network)



    WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas, seperti jaringan komputer antar wilayah, kota, atau bahkan negara. Ini juga dapat disebut sebagai jaringan komputer yang membutuhkan saluran komunikasi publik dan router. Salah satu contoh jaringan WAN ini adalah internet. Sebuah jaringan luas yang mencakup wilayah internasional disebut jaringan informasi global atau internet. 

   Selain pengiriman paket datagram, pengiriman paket berorientasi koneksi juga dikenal dalam jaringan IP. Dalam hal ini, proses pengendalian paket meminta koneksi logika untuk dibuat dari tempat asal ke tujuan sebelum paket dikirim, memastikan bahwa paket informasi menempuh rute yang sama. Meskipun mode koneksi ini disebut sebagai virtual circuit, penggunaan sumber daya masih dilakukan secara berbagi. Ini berbeda dengan jaringan sirkuit terhubung yang monopoli kanal bandwidth dan sumber daya. Dengan cara ini, urutan paket dapat dijamin. Namun, tingkat kontinuitas real-time tidak dapat dijamin karena sangat bergantung pada kapasitas jaringan dan tingkat kepadatan trafik. Mode virtual circuit ini memungkinkan suatu kelompok organisasi atau perusahaan untuk memiliki jaringan privat virtual (seperti jaringan PBX) yang dikenal sebagai VPN virtual atau jaringan privat IP, atau sejenis jaringan PBX (Private Ranch Exchange), tetapi memiliki luas area yang lebih besar daripada PABX karena jaringan IP VPN dibangun secara logika daripada fisik, sehingga jaringan pribadi IP VPN dapat mencakup wilayah nasional dan bahkan internasional.

 Jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode) adalah jaringan berbasis paket yang banyak dikembangkan di Amerika Serikat. Pada jaringan ATM, mode koneksi menggunakan virtual circuit secara keseluruhan; pada jaringan IP, virtual circuit hanya merupakan opsi. Dalam jaringan ATM, paket disebut cell selalu tetap, yang terdiri dari 53 oktet (Byte), terdiri dari 48 oktet payload dan 5 oktet header. Di sisi lain, dalam jaringan IP, ukuran paket tidak tetap.Amerika Serikat mengembangkan banyak teknologi ATM, yang tidak dibahas disini.Selain itu, berbeda dengan desain awal jaringan IP yang berbasis Narrow Band dan layanan CBR, jaringan ATM yang dirancang berbasis layanan broadband memiliki kemampuan untuk menerima baik VBR maupun CBR.

Posting Komentar

0 Komentar