STRATEGI PEMASARAN



    Dalam pemasaran juga dibutuhkan strategi untuk melakukan perencanaan dan target yang ingin dicapai. Strategi pemasaran apa yang harus dilakukan perusahaan dalam mencapai target perusahaan antara lain :

  1. Kenali pelanggan yaitu melakukan riset pasar kemudian menentukan segmen pasar yang tepat    untuk produk tersebut, apakah sasaran konsumennya sudah tepat, sehingga produk mampu bersaing dipasaran.
  2. Promosi, yaitu melakukan promosi barang agar barang tersebut dikenal oleh masyarakat, strategi promosi yang unik akan membuat produk semakin mudah dikenal oleh masyarakat.
  3. Tempat usaha yang strategis, tempat usaha yang strategis memudahkan pelanggan untuk menemukan tempat tersebut, dengan demikian akan banyak pelanggan yang akan datang.
  4. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan, yaitu melakukan pelayanan terbaik dengan standar pelayanan prima sehingga pelanggan semakin nyaman dan puas atas pelayanan tersebut.
  5. Memanfaatkan teknologi, yaitu dengan cara melakukan penjualan online, penjualan online adalah salah satu cara untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas.


Pembahasan

    Pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan adalah pemasaran yang memberikan layanan produk kepada pelanggan, dengan memberikan manfaat produk dan jasa kepada pelanggan, bukan hanya sekedar menjual barang akan tetapi manfaat dari barang tersebut yang ditawarkan.

Berikut ini langkah-langkah untuk penerapan strategi pemasaran yaitu :

  • Segmentasi Pasar (Market Segmentation), adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, gender, dan umur.
  • Penetapan Target Pasar (Market Targeting), yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani.
  • Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning), perusahaan harus memutuskan bagaimana membedakan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar