3 DISTRO LINUX UNTUK PC GAMING

3 Distro Linux Untuk PC Gaming


Linux adalah operating system opensource yang sering digunakan oleh programmer di seluruh dunia. Sistem operasi ini menjadi pilihan yang baik bagi individu dan perusahaan yang membutuhkan lingkungan sistem yang fleksibel untuk menyesuaikan. Oleh karena itu, perangkat seperti server, router, smart device, dan perangkat Internet of Things lainnya biasanya menggunakan sistem operasi Linux.

Namun, ini tidak berarti Linux tidak dapat digunakan sebagai desktop biasa dengan GUI (graphical user interface) yang mirip dengan Windows atau macOS. Saat ini, berbagai versi Linux juga dapat menjalankan game dengan kinerja yang sebanding dengan Windows. Jika kalian suka bermain game dan bereksperimen dengan sistem operasi, distro Linux PC gaming terbaik berikut ini harus kalian coba!

1. Drauger OS



Drauger OS adalah distribusi Linux pertama yang dibuat khusus untuk pengguna PC yang ingin bermain game. Distro ini dibangun berdasarkan Ubuntu LTS (Long Term Support), tetapi menggunakan kernel mainline Linux daripada yang diberikan Ubuntu. Selain itu, Drauger OS dioptimalkan untuk kinerja tinggi dan latency yang rendah, sehingga cocok untuk menjalankan berbagai launcher game.

Distro tersebut sudah mendukung berbagai jenis controller, seperti Xbox dan Playstation, sehingga cocok untuk game bergenre olahraga dan fighting. Untuk mengabadikan berbagai clip video selama bermain game, Drauger OS juga memiliki aplikasi untuk streaming dan recording.

Namun, Drauger OS tidak disarankan untuk digunakan setiap hari karena beberapa aplikasi seperti Kdenlive, Audacity, dan LibreOffice tidak terinstal untuk mengurangi beban hardware. Oleh karena itu, penggunaan program tersebut dapat menimbulkan konflik dengan optimasi yang telah disematkan oleh pengembang.


2. Ubuntu



Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang paling populer, dan karena mudah digunakan, seringkali dinobatkan sebagai distro yang mudah disarankan untuk orang awam. Selain itu, popularitas distro ini mendorong komunitas gaming internasional untuk menggunakan Ubuntu. Distribusi Linux ini menyediakan banyak sumber daya yang bermanfaat bagi gamer karena basis pengguna yang besar dan komunitas yang aktif.

Ubuntu mendukung berbagai platform game dan controller game, dan antarmukanya yang ramah pengguna sangat penting bagi mereka yang baru saja beralih dari Windows atau macOS. Salah satu keunggulan Ubuntu adalah sifatnya yang multifungsi, yang berarti bahwa itu dapat digunakan untuk editing, bermain game, atau melakukan pekerjaan tipis-tipis bersama LibreOffice. Namun, sifat ini juga mengurangi kemampuan untuk bermain game. Ubuntu masih kurang dalam hal bermain game dibandingkan Drauger OS.

 

3. Pop!_OS



Pop!_OS, seperti Drauger OS dan Ubuntu, mendukung berbagai game populer dan dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game yang responsif. Jika dicermati lebih jauh, fitur menarik Pop!_OS yang tidak ada di kedua distro di atas adalah hybrid graphics, yang menggabungkan integrated graphics dengan dedicated GPU khusus untuk mendapatkan frame rate yang lebih tinggi.

Saat mencari sistem operasi untuk bermain game di luar Windows, ketiga distro Linux terbaik untuk PC gaming diatas harus dicoba. Namun, kinerja ketiga distribusi ini dapat berbeda tergantung pada spesifikasi hardware laptop atau PC Anda. Oleh karena itu, selain kinerja, evaluasi yang dapat dilakukan adalah kenyamanan pengguna dan kesesuaian dengan antarmuka pengguna masing-masing distro. Mudah-mudahan bermanfaat, ya!

Posting Komentar

0 Komentar