URUTAN KABEL UTP

Urutan Kabel UTP




    Dalam pemasangan kabel UTP terdapat dua jenis pemasangan kabel yang sering digunakan dalam jaringan internet, yaitu Straight Through Cable dan Cross Over Cable. Beda diantara keduanya hanya pada urutan warna pemasangan kabel pada konektor (Biasanya berupa konektor RJ-45).

Kabel Straight

    Sesuai namanya straight berarti lurus. Jadi kabel straight merupakan jenis kabel yang memiliki cara pemasangan (urutan warna kabel) yang sama antara ujung satu dengan ujung lainnya. Urutannya yaitu:




PutihOren - Oren - PutihHijau - Biru - PutihBiru - Hijau - PutihCoklat - Coklat. Lalu, setiap huruf depan itu bisa disingkat. Menjadi PO - O - PH - B - PB - H - PC - C.

    Fungsi straight biasanya digunakan untuk pemasangan device yang berbeda. Kabel tipe straight ini paling banyak digunakan sampai saat ini karena fungsinya.


Kabel Crossover

    Kabel Crossover merupakan kabel dengan susunan yang berbeda pada kedua ujungnya. Ujung yang pertama menggunakan urutan yang sama seperti kabel straight sedangkan ujung lainnya menggunakan urutan PH - H - PO - B - PB - O - PC - C.




Cara menghafal yang mudah pada ujung kedua ini, cukup menukar kabel nomor 1 dengan 3 dan 2 dengan 6.

Posting Komentar

0 Komentar