MENJALANKAN JAVASCRIPT MENGGUNAKAN NODE.JS

Menjalankan JavaScript Menggunakan Node.js



Dengan Node.js, ada dua cara untuk menjalankan kode JavaScript. Yang pertama menggunakan Node REPL, dan yang kedua mengeksekusi berkas berekstensi JS. Mari kita bahas keduanya!

The Node.js REPL

Seperti namanya, fitur REPL (Read-Eval-Print Logo) Node.js dapat membaca kode JavaScript, menilainya dan kemudian mencetak hasil penilaian ke console. Loop menunjukkan bahwa proses tersebut selalu berulang.

REPL adalah fitur bawaan Node.js yang dapat diakses melalui perintah node di Terminal. 


Kita telah masuk ke mode Node REPL dengan tanda ">" di terminal. Sekarang kita dapat menulis kode JavaScript dan mengeksekusinya dengan menekan enter.


Lihat ilustrasi di atas. Karena REPL selalu menampilkan nilai evaluasi pada console, ketika mengeksekusi console.log("Hello NodeJS REPL"), nilai undefined juga tercetak. Ini karena metode console.log() tidak mengembalikan nilai, sehingga undefined tercetak pada console.

Coba buat pernyataan yang mengembalikan nilai untuk membuktikan hal itu. Dalam contoh sederhana, 2+2, console akan mencetak nilai 4.


Cukup asik bukan fitur REPL? Namun, apakah benar bahwa hanya dapat menjalankan kode satu baris? Jika kita berpikir demikian, itu tidak benar karena REPL memiliki mode editor yang memungkinkan kita menulis kode JavaScript lebih dari satu baris. Kita dapat menggunakan mode editor dengan perintah .editor.


Ketika masuk ke mode editor, kita dapat menggunakan enter untuk menulis kode JavaScript lebih dari satu baris, dan kombinasi tombol CTRL+D menggantikan fungsi mengeksekusi kode. Untuk keluar dari mode editor, gunakan kombinasi CTRL+C.



Selama kita masih berada di dalam REPL, nilai variabel yang kita buat dapat diakses. Namun, jika kita menutup terminal atau keluar dari REPL menggunakan perintah .exit, variabel yang kita buat sebelumnya tidak dapat diakses kembali. Ini menunjukkan bahwa REPL hanya menyimpan memory selama session berlangsung.

Ketika kita ingin melakukan kalkulasi sederhana, bereksperimen, atau belajar potongan kode JavaScript, fitur REPL sangat bermanfaat. Karena itu, kita dapat mengeksekusi kode JavaScript dan mendapatkan hasil dengan cepat tanpa harus membuat berkas JavaScript terlebih dahulu.

Running JavaScript File using Node.js

Cara tambahan untuk menjalankan kode JavaScript menggunakan Node.js adalah dengan menggunakan berkas JS. Silakan buat berkas JavaScript pada proyek nodejs-basic. Agar lebih mudah, gunakan VSCode.


Buatlah berkas JavaScript dengan nama “index.js”.


Kita dapat menulis kode JavaScript sesukanya di berkas index.js. Pastikan kode kita menampilkan nilai di console, sehingga kita dapat melihatnya. Jika bingung, silakan ketik kode berikut.

const message = (name) => {
   console.log(`Hello '+name);
}
 
message('JavaScript');

Untuk mengeksekusi kode tersebut, silakan simpan perubahan ke dalam berkas index.js dan buka kembali Terminal. Selanjutnya, ketikkan instruksi berikut:

node index.js 

Selain itu, berkas index.js akan dieksekusi oleh Node.js. Teks "Hello JavaScript" akan muncul di console setelah kita menulis kode di atas.



Posting Komentar

0 Komentar