MEMBUAT PROYEK NODE.JS

Node.js Basic


Sekarang kita harus belajar cara menggunakan Node.js setelah mengenalkannya. Kita akan mulai dengan membuat proyek Node.js, menggunakannya untuk menjalankan kode JavaScript, dan kemudian mempelajari berbagai API yang ada di dalamnya. Jadi sekali lagi, pastikan untuk memenuhi persyaratan yang ada. Siapkan Text Editor, lalu kita akan mulai menulis kode JavaScript.

sourse image: https://www.simplilearn.com/

Membuat Proyek Node.js

Sebelum memulai proyek, buat folder baru. Folder ini akan digunakan untuk menyimpan berkas JavaScript dan proyek yang akan kita tulis nanti. Untuk pengguna Windows, disarankan untuk membuat folder di alamat C: javascript-projects: nodejs-basic, atau home: javascript-projects: nodejs-basic untuk pengguna Linux atau macOS.

sourse image: https://dicoding.com

sourse image: https://dicoding.com

sourse image: https://dicoding.com


Selanjutnya, buka folder nodejs-basic menggunakan VSCode. Caranya, pada Visual Studio Code pilih menu File -> Open Folder -> [pilih foldernya]. Folder pun berhasil terbuka melalui VSCode.

sourse image: https://dicoding.com


Untuk membuat proyek JavaScript, silakan buka Terminal pada VSCode. Pilih menu Terminal -> New Terminal, kemudian tuliskan perintah:

npm init

"Node Package Manager (NPM) adalah pengendali paket JavaScript bawaan Node.js. Melalui NPM, kita dapat membuat package (proyek) Node.js dan mengelola penggunaan package eksternal yang digunakan. Kita akan membahas NPM lebih lanjut nanti."


Jika tidak menggunakan Visual Studio Code, kita dapat menggunakan Terminal/Command Prompt dari usungan sistem operasi (OS) kita. Namun, pastikan lokasinya di folder proyek.

Setelah mengetik perintah di atas, kita akan diberikan beberapa pertanyaan untuk mengisi package name, version, dan description, yang merupakan informasi dasar tentang aplikasi yang kita buat.


Kita dapat menggunakan nilai default yang ada di dalam tanda kurung dengan menekan tombol Enter langsung dan menggunakannya untuk saat ini.

Kita akan diberitahu untuk melihat hasil akhir yang dibuat pada berkas package.json setelah mengisi seluruh pertanyaan yang diberikan.


Tekan tombol Enter segera jika nilai yang ditampilkan sudah sesuai. Selain itu, berkas package.json telah berhasil dibuat pada proyek kita.


Kita telah berhasil menyelesaikan pembuatan proyek Node.js.

Posting Komentar

0 Komentar