WEB FRAMEWORK DI NODEJS

Web Framework di Node.js


Ada banyak web framework yang dapat kita gunakan di Node.js. Setiap struktur yang ada pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 


Expressjs adalah web framework tertua dan paling populer di Node.js saat ini. Framework ini ringan dan mudah digunakan untuk aplikasi web front-end, dan penulisan kodenya hampir sama dengan Node.js native. 

Namun, karena ringannya, ia menjadi struktur yang tidak disukai alias tidak memiliki aturan untuk menggunakannya. Karena Express tidak menyediakan struktur atau kerangka kerja yang jelas untuk diikuti oleh developer, sulit bagi developer untuk menentukan jenis kode yang ideal.




Selain itu, framework seperti Hapi menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pembuatan web server yang kompleks. Dengan Hapi, kita tidak perlu menggunakan tools tambahan untuk menerapkan layer authentication, tokenize, cors, dan lain sebagainya. 

Kelemahan Hapi adalah abstraksinya yang terlalu jauh dari Node.js native. Kita perlu belajar secara dalam, untuk menguasai framework ini.

Salah satu faktor yang memengaruhi pilihan kita untuk menggunakan framework adalah kasus yang hendak kita hadapi. Ketika kita ingin membangun server yang sederhana, seperti untuk mendukung aplikasi front-end yang di render di sisi server, Express adalah pilihan yang tepat. 

Namun, Hapi adalah pilihan yang baik jika kita tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membangun web server yang rumit.

Kita akan membangun web server dengan arsitektur REST yang kompleks ke depannya. Kita akan menggunakan Hapi saat membangun web server agar kita selalu "Hapi" selama belajar.

Mengingat bahwa environment Hapi cukup luas, kita tidak akan membahas API yang ada di Hapi secara mendalam; sebaliknya, kita akan membahas fitur-fitur yang menjadi dasar pembuatan REST API. Oleh karena itu, jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang framework Hapi, jangan ragu untuk membaca dokumentasi hapi yang disediakan. 

Kita akan mempelajari dasar-dasar Hapi dalam materi selanjutnya sambil mencoba membuat ulang web server dengan spesifikasi yang sama seperti yang kita lakukan pada latihan sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar